Tips Merawat Adapter (Charger) dan Baterai Laptop Agar Awet

Harga laptop yang semakin murah membuat banyak orang saat ini memiliki laptop apalagi dengan kehadiran netbook (laptop dengan ukuran kecil) dengan harga yang semakin murah. Sebuah laptop seberapun canggihnya tidak akan berguna tanpa charger dan baterai. Meskipun kelihatannya sepele tapi komponen ini sangat penting.

Berikut ini akan saya sampaikan beberapa tips merawat batera dan adapter laptop.

Tips Merawat Baterai Laptop :

1. Jaga kondisi suhu baterai, Jangan menggunakan baterai di tempat-tempat yang panas seperti di dekat kompor 🙂 . Intinya usahakan berhenti menggunakan komputer jika baterai laptop sudah terasa panas. Karena panas dapat menurunkan daya tahan baterai.

2. Untuk baterai Lithium Ion atau biasa disebut Li-Ion, usahakan jangan menggunakan sampai benar-benar habis. Minimal ketika baterai sudah mencapai 10-20% segera lakukan pengecasan terhadap baterai.

3. Jika kita menggunakan laptop dengan jangka waktu yang lama, usahakan untuk melepas baterai ketika digunakan. Kecuali untuk laptop yang sudah memiliki auto cut-off listrik seperti laptop-laptop Macintosh dan Asus mereka akan memutus aliran listrik ke baterai jika baterai sudah terisi penuh.

4. Jika laptop akan disimpan dalam jangka waktu yang lama dan ingin menjaga keutuhan daya tampung baterai, sisakan daya pada baterai sekitar 40% dan taruhlah di tempat yang kering dan tidak lembab.

5. Ingin baterai kamu tahan lebih lama dari biasanya? Coba saja untuk menimilkan cahaya LCD monitor, men-silentkan audio, mematikan Wifi dan Bluetooth, mematikan software-software idle dan lainnya. Cara tersebut juga bisa membikin latop kta lebih hemat baterai.

Tips Merawat Adapter (Charger) Laptop :

1. Gulunglah adapter dengan baik dan benar, Jangan melilitkan pada kotak adapter. Contoh menggulung yang baik sudah dicontohkan pada gambar di bawah

2. Pada saat menggunakan adapter, pastikan kabel tidak terjepit atau tertindih sesuatu. Karena bisa merusak kabel dalam

3. Jangan menggunlung kabel dengan kencang, pelan-pelan saja okay?

4. Jika adapter sudah sering terputus-putus ketika digunakan lebih baik segera ganti adapter. Karena adapter masih lebih murah dibandingkan membeli motherboard atau baterai baru.

5. Hindarkan penggunaan pada stop kontak yang voltase listriknya naik turun, atau gunakan stabilizer(stavolt) atau UPS

6. Jaga suhu adapter, beberapa adapter bawaan laptop jenis value sering kali melepuh ketika kepanasan.

Nah, sekarang udah tau kan gimana caranya merawat baterai dan adapter. Tapi kalau ternyata adapter atau baterai laptop rusak nggak usah khawatir, karena saya jual laptop kok harga bersahabat 🙂  (loh kok jadi prmosi :D ). Untuk lebih lengkapnya email saya saja di ardhi86@gmail.com atau mention twitter saya di @GusArdhi

Semoga Tipsnya bermanfaat ya 🙂

4 responses

  1. wah. info yg menarik mas. makasih..

  2. tapi kalau baterai di cabut apa malah tidak beresiko ke mainboardnya…

    1. kalo listriknya gak mati mendadak, gak masalah.

  3. bner juga tuh…klo dicopot btre-nya jdi lbih yahuud…
    tapi jdi kurang nyaman dipake…

Tinggalkan Komentar ya